Lowongan Kerja BUMN PT KERETA API INDONESIA (KAI) - PT Kereta Api Indonesia adalah Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008
PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi
PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta. Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli
PT Kereta Api Indonesia.
Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia - Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, PT KAI meluncurkan logo baru, dengan loga baru tersebut PT KAI berharap dapat memberikan semangat baru kepada pegawai
PT KAI agar lebih berprestasi, bertanggung jawab dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia khususnya penumpang kereta api di indonesia. dan masyarakat Indonesia senantiasa lebih mengandalkan alat transportasi masal seperti kereta api dari pada menggunakan kendaraan pribadi mereka.
Sejarah PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)
Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.
Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.
Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).
Arti Logo PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)
- 3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
- 2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
- 1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)
Visi dan Misi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)
Visi :
Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders
Misi :
Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama :
- Keselamatan,
- Ketepatan waktu,
- Pelayanan dan
- Kenyamanan
Untuk mencapai visi perusahaan yaitu menjadi kelompok bisnis terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder-nya,
BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang mencari pemuda - pemudi terbaik yang sangat kompeten dan termotivasi diri untuk mengisi posisi
lowongan kerja terbaru 2015.
Dalam rangka memperluas jaringan
bisnis terbaru bulan Oktober 2015 dan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia
BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) di dibuka Lowongan Kerja Terbaru dengan posisi :
BANYAK POSISI LOWONGAN KERJAPada
hari ini bulan Oktober 2015 BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membuka kesempatan berkarir atau membuka
Lowongan Kerja Terbaru Oktober 2015 untuk lulusan terbaru dengan kualifikasi sebagai berikut :
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi terbesar di Indonesia, yang mengutamakan profesionalisme dan kinerja, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk berkarier dan membangun perusahaan.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan rekrutmen tahun 2015 dengan persyaratan dan kriteria sebagai berikut :
PENGUMUMAN REKRUTMEN EKSTERNAL TINGKAT D3/S1
YANG BERSUMBER DARI JOB FAIR
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
TAHUN 2015.
Kriteria Pelamar :- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Usia :
- Tingkat S1 setinggi-tingginya 35 tahun per 1 Oktober 2015;
- Tingkat D3 setinggi-tingginya 30 tahun per 1 Oktober 2015.
- Memiliki ijazah dengan :
- Program studi tingkat S1 terakreditasi “A” pada saat tanggal kelulusan, apabila di perguruan tinggi di Indonesia tidak terdapat akreditasi “A” pada program studi tersebut, maka lulusan dari Program studi yang terakreditasi serendah-rendahnya “B” pada tanggal kelulusan;
- Program studi tingkat D3 terakreditasi “A” pada saat tanggal kelulusan. apabila di perguruan tinggi di indonesia tidak terdapat akreditasi “A” pada program studi tersebut, maka khusus perguruan tinggi negeri atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) terakreditasi serendah- rendahnya“B” pada tanggal kelulusan.
- IPK minimal 2,95.
- Tinggi badan 160 cm dengan berat badan ideal;
- Tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain.
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan.
- Berkelakuan baik dengan dibuktikan dengan surat dari POLRI (SKCK).
- Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.
- Tidak pernah terlibat narkoba atau psikotropika.
- Khusus pria tidak bertindik.
- Tidak bertato.
- Apabila terdapat pelamar yang belum mendapatkan ijazah maupun transkrip nilai, pelamardapat membuktikan dengan
- Surat Keterangan Lulus (SKL) dengan tetap memenuhi persyaratan lainnya sebagaimana yang tercantum diatas.
(catatan : pada saat tanda tangan kontrak PKM ijazah/transkrip nilai asli harus ada)Persyaratan Umum Lamaran :- Fotocopy ijazah S1/D3 yang dilegalisir.
- Fotocopy transkrip nilai yang dilegalisir.
- Akreditasi program studi dari BAN-PT (http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php) pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir.
- Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
- Pas foto berwarna 4x6 (4 buah).
- Curicullum Vitae (CV) dengan mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini.
- Surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani diatas materai Rp 6.000,00.
- Surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang.
- Surat keterangan kelakuan baik (SKCK) dari kepolisian yang masih berlaku.
- Surat pernyataan tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain.
- Surat keterangan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan (disediakan sewaktu tandatangan kontrak magang).
- Surat pernyataan bersedia dikeluarkan dari perusahaan tanpa tuntutan dalam bentuk apapun,apabila data yang diberikan pada saat melamar tidak benar atau palsu, bermaterai Rp 6.000,00 (disediakan sewaktu tandatangan kontrak magang).
*keterangan :- Persyaratan 1 s/d 4 dibawa pada saat pelaksanaan Job Fair dan yang memenuhi syarat akan diberikan username dan password untuk upload berkas via website rekrut.kereta-api.co.id (upload berkas pada 29 September – 2 Oktober 2015 dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 2 Mb);
- Persyaratan 5 s/d 12 dibawa pada saat tandangan kontrak magang.
Pendidikan yang Dibutuhkan :- S1
- Teknik Sipil
- Teknik Arsitektur
- Teknik Mesin
- Teknik Industri
- Teknik Elektro
- Psikologi Industri
- D3
- Teknik Sipil
- Arsitektur
- Teknik Mesin (Otomotif)
- Teknik Elektro
- Desain Grafis
- Teknik Informatika
Tahapan Seleksi :- Tahap I : Seleksi Administrasi dan Kesehatan Awal
- Tahap II : Wawancara
- Tahap III : Psikologi
- Tahap IV : Kesehatan Akhir
Prosedur Pelaksanaan Seleksi :- Pelamar membawa persyaratan lamaran point 1 s/d 4 pada saat pelaksanaan Job Fair ITS bertempat di Graha ITS tanggal 29-30 September 2015.
- Panitia Rekrut akan melakukan verifikasi berkas dan pelamar yang memenuhi persyaratan Poin 1-4 serta tes kesehatan awal (tinggi badan, berat badan, buta warna) akan diberi username & password untuk melakukan upload berkas (dalam bentuk pdf) via website pada tanggal 29 September – 2 Oktober 2015.
- Pelamar yang lulus seleksi tahap 1 (validasi berkas dan tes kesehatan awal) berhak mengikuti seleksi tahap 2 yaitu wawancara yang akan diumumkan melalui website rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 3 Oktober 2015.
Catatan : - Loker 2015 BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) ditutup : 30 September 2015
Bagaimana Anda tertarik untuk bekerja di PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) ?
Jika anda tertarik dengan
loker terbaru hari ini bulan Oktober 2015 ini yaitu yang memberikan informasi kepada anda tentang :
Lowongan Kerja Terbaru PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Silahkan segera melengkapi berkas lamaran kerja meliputi surat lamaran kerja , CV dan berkas pelengkap lamaran kerja lainnya seperti yang disebutkan diatas kemudian harap silahkan mengikuti tata cara pendaftaran yang ditentukan oleh perusahaan
BUMN PT KERETA API INDONESIA (KAI) diatas.
Sumber